Rabu, 23 Februari 2011

UKS SDN 31BALAI LABUH BAWAH

Kata Pengantar

Segala puji bagi Allah SWT atas segala rahmat dan karuniaNya sehingga kami dapat menyusun makalah ini.

Ekspose ini berisi tentang hasil pelaksanaan kegiatan UKS di SDN 31 Balai Labuh Bawah.

Dalam rangka usaha memenuhi kebutuhan pendidikan serta menanamkan konsep- konsep hidup sehat pada peserta didik di Sekolah Dasar sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, maka di SDN 31 balai Labuh Bawah melalui musyawarah bersama antara kepala sekolah, majelis guru dan komite mencoba menggerakkan Usaha Kesehatan Sekolah ( UKS ).

Terima Kasih kami ucapkan kepada semua pihak baik di kecamatan maupun Nagari serta Jorong dan Kepala Sekolah se Kecamatan Lima Kaum yang telah banyak membantu kami dalam partisipasi dan kegiatan UKS di SDN 31 Balai Labuh Bawah.

Kami menyadari bahwa Ekspose ini masih masih banyak memiliki kekurangan, untuk itu kami mengharapkan saran dan kritik untuk dapat memperbaiki kekurangan tersebut.

Sekian, terima kasih,

Kepala Sekolah SDN 31 Balai Labuh Bawah


Helni Paita,S.Pd
19650904 198802 2 001



BAB I
PENDAHULUAN
Pendidikan kesehatan di sekolah diarahkan untuk mempertinggi derajat kesehatan anak didik dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kecerdasan pada umumnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut diatas, maka dilaksanakan program UKS di sekolah oleh tim pelaksana UKS sekolah. Yang termasuk didalamnya antara lain penyuluhan kesehatan , pelayanan kesehatan dan pencegahan penyakit serta kegiatan lingkungan sehat.

Usaha Kegiatan Sekolah ( UKS ) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat anak usia sekolah dan selanjutnya membentuk prilaku hidup sehat, yang pada giliranya menghasilkan derajat kesehatan yang optimal.

Demi tercapainya anak didik yang sehat dan cerdas maka program UKS dilaksanakan sesuai dengan TRIAS UKS :
1. Pendidikan Kesehatan
2. Pelayanan Kesehatan
3. Pembinaan lingkungan sekolah sehat

Pendidikan kesehatan dilaksanakan melalui kegiatan intra dan ekstra kurikuler.
Pelayanan kesehatan meliputi promotif ( penyuluhan ), preventif ( pencegahan ), kuratif ( penyembuhan ) dan rehabilitative ( pemulihan ).






BAB II
ANALISIS SITUASI


A. PROFIL SEKOLAH
1. Nama Sekolah : SDN 31 Balai Labuh Bawah
2. Alamat Sekolah : Balai Labuh Bawah
3. Nagari : Lima Kaum
4. Kecamatan : Lima Kaum
5. Kabupaten : Tanah Datar
6. Provinsi : Sumatera Barat
7. NSS : 101080705031
8. NPSN :10302309
9. Status : Negeri
10. Kode Pos : 27217
11. Didirikan : 1981
12. Luas Tanah : 2.467 M2
13. Kegiatan Belajar Mengajar : Pagi

B. VISI DAN MISI
Dengan kebersamaan meningkatkan mutu dan prestasi serta terampil dalam berkarya yang berlandaskan imtaq dan iptek.

.Misi SDN 31 Balai Labuh Bawah
Membudayakan disiplin sekolah secara berkesinambungan .
Meningkatkan kompetensi warga sekolah melalui:
 Mewujutkan program KBM
 Penyajian materi yang efektif dan efisien di kelas
 Membudayakan perpustakaan sekolah
 Pelatihan, Seminar, KKKS,KKG
Mewujutkan hasil belajar yang optimal
Mengoptimalkan supervise oleh sekolah
Melengkapi sarana dan prasarana KBM

C.TUJUAN SEKOLAH SDN 31 BALAI LABUH BAWAH
a. Meningkatkan kwalifikasi guru dan tenaga kependidikan sesuaikan dengan kemajuan iptekdan imtaq
b. Mengupayakan pemenuhan sarana dan prasana yang mendukung PBM
c. Membina kerja sama komite / instansi lain baik formal maupun inpormal untuk meningkatkan kepribadian / kreatifitas siswa
d. Membentuk wadah siswa berakhlak mulia
e. Mengupayakan mutu yang berkwalitas

SDN 31 balai Labuh Bawah terletak di jorong Balai Labuh Bawah, Kecamatan Lima Kaum. Didirikan pada 1981 dan direhab pertama pada tahun 2005 dan dengan dana DAK Serta rehab ke dua tahun 2009 degan dana DAK , bantuan dana perantau dan partisipasi orang tua murid.
Mempunyai jumlah murid 139 orang, jumlah guru orang dan ruangan kelas 6 ruang.

A. Sarana / Ruangan
NO RUANGAN JUMLAH
1 Ruang kelas 6
2 Ruang kepala sekolah 1
3 Ruang majelis guru 1
4 Ruang UKS 1
5 Ruang mushallah 1
6 Ruang pustaka 1
7 Ruang keteramp[ilan 1
8 Ruang berwudhu 1
9 WC siswa 3

B. Tenaga pengajar
NO JENIS TENAGA JUMLAH KETERANGAN
1 Kepala sekolah 1 PNS
2 Guru kelas 6 PNS
3 Guru olahraga 1 PNS
4 Guru bahasa inggris 1 Honor
5 Guru agama 1 PNS
6 Guru TU 1 Honor

C. Jumlah Siswa
NO KELAS JUMLAH SISWA TOTAL
PA PI
1 I 17 15 32
2 II 20 11 31
3 III 14 12 26
4 IV 13 7 20
5 V 11 9 20
6 VI 5 6 11
Jumlah 80 60 140












BAB III
PENGEMBANGAN UKS

UKS (Usaha Kesehatan Sekolah ) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat anank usia sekolah dan selanjutnya membentuk prilaku hidup sehat, yang pada giliranya menghasilkan derajat kesehatan yang optimal.

Pengembangan UKS melalui pengembangan kegiatan program yang nyata dan berkesinambungan.

TUJUAN KEGIATAN UKS
1. Agar anak didik mempunyai bekal kecerdasan dalam ilmu kesehatan
2. Memupuk kebiasaan hidup sehat
3. Mempertinggi derajat kesehatan.
4. Memiliki pengetahuan , sikap dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip hidup sehat.
5. Mampu berpatisipasi dalam peningkatan kesehatan.

PROGRAM KEGIATAN UKS
1. Mengikuti pembelajaran kesehatan
2. Membaca buku tentang pendidikan kesehatan
3. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan
4. Menimbang BB secara berkala
5. Mengukur TB secara berkala
6. Melaksanakan kerja bakti / gotong royong
7. Melaksanakan pelayanan P3K
8. Melakukan penyuluhan kesehatan
9. Pelatihan dokter kecil


KEGIATAN UKS DI BIDANG PENDIDIKAN
a. Mengintegrasikan mata pelajaran olahraga dan kesehatan
b. Membaca buku-buku kesehatan dan mendengarkan pesan-pesan kesehatan dari radio dan televise
c. Penyuluhan kesehatan oleh guru, petugas kesehatan dan dokter kecil
d. Pelatihan dokter kecil

KEGIATAN UKS DI BIDANG GIZI
a. Pengukuran tinggi badan dan berat badan secara berkala
b. Membuat Taman Gizi ( Kebun Sekolah, Toga Sekolah, Warung Hidup Sekolah )
c. Menerapkan pola menu seimbang
d. Pemeriksaan garam beryodium
e. Penyelenggaraan dan pengawasan warung sekolah

KEGIATAN UKS DI BIDANG PENCEGAHAN PENYAKIT
a. Pemeriksaan kesehatan pribadi ( Personal Hygiene )
b. Pemeriksaan ketajaman penglihatan
c. Untuk kelas 1. Pelaksanaan Imunisasi : DT untuk kelas 1,TT untuk kelas 2 dan 3, Campak
d. Penjaringan kesehatan pada siswa ( THT,gigi,mulut,kuku)

KEGIATAN UKS DI BIDANG KEBERSIHAN LINGKUNGAN
a. Kebersihan gedung,kelas,alat-alat jendela,kamar mandi dan WC
b. Penyediaan air bersih untuk kamar mandi dan WC
c. Pemeliharaan pagar,kebun,toga,halaman dan lingkungan sekitar sekolah
d. Penanganan sampah dan air limbah

KEGIATAN UKS DI BIDANG PENYULUHAN KESEHATAN
a. Nasehat dan penyuluhan di kelas
b. Diskusi dan tamya jawab
c. Menempel poster-poster kesehatan
d. Menghimbau anak didik agar dapat mengajak anggota keluarga untuk Prilaku Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS )
e. Pengumpulan dana sehat

KEGIATAN UKS DI BIDANG PENGOBATAN
a. Pengobatan penyakit ringan seperti luka, pingsan , sakit kepala, sakit perut
b. Rujukan dari sekolah ke Puskesmas

KOORDINASI KEGIATAN UKS
Kegiatan UKS dilaksanakan bekerja sama dengan :
1. Puskesmas
2. Komite Sekolah
3. Wali Nagari, Tokoh Masyarakat
4. Pemerintah Kecamatan dan Kabupaten
5. Tim Pelaksana UKS Kecamatan dan Kabupaten
















BAB IV
HASIL YANG DICAPAI

1. PELAKSANAAN BULAN IMUNISASI ANAK SEKOLAH

NO JENIS IMUNISASI 2009 2010
1 CAMPAK
2 DT
3 TT

2. PELATIHAN DOKTER KECIL

NO 2009 2010
JUMLAH SISWA

3. DATA PEMERIKSAAN KESEHATAN LINGKUNGAN SEKOLAH

NO TAHUN WRUNG
SKLH SAB SPAL T P S
Ada Tidak Ada Tidak Ada Tidak Ada Tidak
1 2009
2 2010

4. DATA PEMERIKSAAN MATA

NO TAHUN JUMLAH SISWA
1 2009
2 2010

5. DATA PEMERIKSAAN KESEHATAN GIGI

NO TAHUN JUMLAH SISWA
1 2009
2 2010

6. DATA PEMERIKSAAN BERKALA

NO TAHUN JUMLAH SISWA
1 2009
2 2010

7. DATA PEMBERIAN OBAT CACING
NO TAHUN JUMLAH SISWA
1 2009
2 2010

8. DATA PEMERIKSAAN GARAM BERYODIUM

NO TAHUN JUMLAH SAMPEL HASIL UJI
1 2009
2 2010










BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
1. Lomba Sekolah Sehat sangat penting selaki artinya bagi suatu sekolah untuk mewujudkan pentingnya kesehatan bagi murid-murid pada usia dini, sehingga sekolah dapat menenemkannya dalam waktu yang tepat. Dan dapat memberikan masukan kepada siswa tentang kebersihan, keindahan dan kesehatan melalui disiplin
2. Lomba Sekolah Sehat mendorong hidup sehat secara lebih optimal sehingga bukan merupakan tindakan kuratif tapi merupakan tindakan preventif bagi kesehatan seseorang
3. Dalam pelaksanaan Lomba sekolah sehat ini sekolah bekerjasama dengan semua pihak baik guru, murid, orang tua murid, tokoh masyarakat, dan instansi yang terkait guna mendapatkan hasil yang optimal
B. Saran
1. Untuk mewujudkan Sekolah Sehat perlu kerjasama dengan semua pihak, karena masalah kesehatan itu menyangkut semua aspek. Hal ini memerlukan komitmen dari semua pihak yang terkait.Untuk itu diharapkan dukungan dan partisipasi dari semua pihak, baik guru, murid, komite, orang tua murid dan tokoh masyarakat serta instansi yang terkait
2. Untuk pelaksanaan Lomba Sekolah Sehat ini diperlukan perencanaan yang matang dan memerlukan waktu yang panjang untuk pembinaanya, tidak hanya diwaktu akan lomba saja, karena kegiatan ini adalah kegiatan yang terprogram baik dari sekolahmaupun instansi terkait.
3.
Balai Labuh Bawah, 2010
Kepala Sekolah SDN 31 Balai Labuh Bawah


Helni Paita,S.Pd
19650904 198802 2 001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar